Senin, 07 Januari 2013

Masalah masyarakat kota dan desa

sebelum kita mengetahui apa perbendaan serta konflik antara masyarakat kota dan desa kita harus mengerti dulu apa itu masyarakat.
berikut adalah pengertian dari masyarakat : masyarakat adalah sekumpulan manusia yang hidup dalam suatu wilayah yang sama serta memiliki norma norma serta aturan yang sama.

masyarakat kota :
masyarakat kota adalah masyarakat yang hidup komsumtif dan tidak berfikir untuk hidup apa adanya seperti masyarakat desa hal ini disebabkan oleh pandangan masyarakat kota akan hidup ke arah pemikiran pola kehidupan negara barat yang komsumtif. masyarakat kota lebih minim kepedulian terhadap sesama manusia di wilayah kotanya dibanding desa, itu disebabkan masyarakat memiliki pandangan bahwa untuk mengurus diri mereka sendiri saja sudah sulit apalagi meluangkan waktu untuk menolong orang lain. 
masalah pada masyarakat perkotaan :
1. kriminalitas yang tinggi
2. sering terjadi konflik vertikal ataupun horizontal
3. kompetisi antar sesama warga.
4. budaya bangsa kurang diingat oleh beberapa orang kota.

masyarakat desa :
masyarakat desa adalah masyarakat yang hidup apa adanya dan tidak konsumtif seperti masyarakat kota. pada masyarakat desapun religi di masyarakatedesaan lebih lekat pada masyarakatnya dibandingkan dengan kota, pandangan pandangan di desa lebih mengarah ke arah aturan aturan agama. masyarakat pedesaan tingkat kepedulian terhadap sesama masih cukup tinggi. 
masalah pada masyarakat pedesaan :
1. sumber daya manusia yang rendah
2. lemahnya insfrastruktur
3. kurangnya pemahaman teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar