A. RENTANG
KENDALI (SPAN OF CONTROL)
Sering
disebut juga Span of Management, Span of Executive atau Span of
Authority.Adalah batas jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin dan
dikendalikan secara effektif oleh seorang manager
PERLUNYA
RENTANG KENDALI DALAM ORGANISASI
• Keterbatasan waktu
• Keterbatasan pengetahuan
• Keterbatasan kemampuan
• Keterbatasan perhatian
Rentang Kendali setiap pemimpin / manager
tidak sama (relatif)
FAKTOR
YANG MEMBATASI RENTANG KENDALI
• Sifat dan terperincinya rencana
• Latihan-latihan dalam perusahaan
• Posisi Manager dalam perusahaan
• Dinamis & Statisnya Organisasi
• Efektivitas Komunikasi
• Tipe pekerjaan yang dilakukan
KELEMAHAN
PADA KONSEP RENTANG KENDALI
Berapa jumlah
ideal bawahan dari seorang atasan, agar atasan bisa efektif mengawasi bawahan. Ini
timbul karena bawahan pada hakekatnya adalah melaksanakan delegasi wewenang
yang diberikan oleh atasan, sehingga timbul suatu tuntutan agar pimpinan dapat
mengendalikan bawahan yang melaksanakan delgasi.
Perlunya Rentang Kendali dalam
Organisasi
- Keterbatasan
waktu
- Keterbatasan
pengetahuan
- Keterbatasan
kemampuan
- Keterbatasan
perhatian
- Rentang
Kendali setiap pemimpin / manager tidak sama (relatif)
Faktor yang Membatasi Rentang
Kendali
- Sifat
dan terperincinya rencana
- Latihan-latihan
dalam perusahaan
- Posisi
Manager dalam perusahaan
- Dinamis
& Statisnya Organisasi
- Efektivitas
Komunikasi
- Tipe
pekerjaan yang dilakukan
- Kecakapan
& Pengalaman Manager
- Span
of Personality and Energy
- Dedikasi
dan Partisipasi bawahan.
B. Kebaikan
dan Keburukan Bentuk – bentuk organisasi
1.Piramida
mendatar (flat)
a.Jumlah
satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan
sedikit.
b.Jumlah
pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak.
c.Format
jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.
2.Piramida
terbalik.
Organisasi
piramida terbalik salah satu unit dari tipe piramida terbalik ialah jumlah
jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok
untuk organisasi -organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas
jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi/lembaga – lembaga penelitian,
lembaga – lembaga pendidikan.
3.Tipe
Kerucut
a. Jumlah
satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak.
b.Rentang
kendali sempit.
c.Pelimpahan
wewenang dan tanggungjawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat/pimpinan yang
bawah/rendah.
d.Jarak
antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.
e.Jumlah
informasi jabatan cukup besar.
4.Organisasi
Garis
Merupakan
bentuk organisasi tertua dan paling sederhana, diciptakan oleh Henry Fayol.
Ciri-ciri bentuk organisasi ini yaitu
1. organisasinya
masih kecil,
2. jumlah
karyawan sedikit
3. dan
saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
Pada
jenis organisasi ini, garis bersama dari kekuasaan dan tanggung-jawab bercabang
pada setiap tingkat pimpinan, dari yang teratas sampai yang terbawah. Setiap
atasan mempunyai sejumlah bawahan dan masing-masing bawahan meberikan
pertanggung-jawabannya kepada atasannya. Dalam hal ini seseorang hanya
bertanggung-jawab pada satu atasan. Oleh karena itu pada jenis organisasi ini,
atasan dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas, karena tidak memiliki
staff (pembantu ahli). Jenis ini sesuai untuk perusahaan kecil. Organiasai
garis ini mempunyai kebaikan dan kelemahan.
Adapun
kebaikan dari organisasi garis yaitu :
-Kesatuan
dalam pimpinan dan perintah.
-Pengambilan
keputusan lebih cepat.
-Solidaritas
karyawan tinggi-Biayanya rendah.
Keburukan
Organiasasi garis yaitu : :
-Tidak
bergantung pada satu pimpinan , Shingga , jika ia tidak mampu akan mempengaruhi
kelangsungan hidup organisasi tersebut.
-Adanya
kecenderungan pimpinan untuk bertindak otokratis.
-Perkembangan
kesempatan karyawan terbatas.
5.Organisasi
Garis dan Staf.
Dianut
oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang
beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang
ahli dalam bidang tertentu tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang
kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi. Organisasi ini banyak digunakan
oleh perusahaan besar yang daerah operasionalnya luas serta memilki bidang
tugas yang kompleks. Di sini kesatuan perintah juga dipertahankan, atasan memiliki
bawahan tertentu dan bawahan hanya menerima perintah dari seorang atasan.
Kepada atasan tersebut bawahan harus bertanggung-jawab atas pelaksanaan
pekerjaannya. Dalam hal ini terdapat satu atau beberapa staf. Dalam struktur
organisasi garis dan staff juga dijumpai adanya kebaikan dan keburukan.
Kebaikan
organisasi garis dan staff yaitu :
-Relevan
untuk perusahaan besar.
-Keputusan
lebih rasional karena adanya staff ahli.
-Dapat
mewujudkan “ The right man , in the right place “.
Keburukan
organisasi garis dan staff adalah :
-Organisainya
rumit karena kompleksnya susunan organisasi serta membutuhkan biaya tinggi.
-Koordinasi
kadang-kadang sukar diterapkan.
-Solidaritas
sesama karyawan berkurang karena jumlahnya yang banyak sehingga memungkinkan
mereka untuk tidak lagi saling mengenal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar